IPK Tidak Memuaskan bukan Berarti Karir Terhenti

Indeks Prestasi Kumulatif atau biasa disingkat dengan IPK umumnya menjadi salah satu parameter yang dianggap penting dalam memasuki dunia kerja. Besarnya angka IPK selalu diidentikan dengan berbagai kemampuan bekerja di dunia kerja, namun bagaimana jika nilai IPK yang Anda miliki tidak memuaskan?

Satu yang pasti adalah bahwa Anda selalu dapat mengusahakan berbagai hal dalam mencermati hal tersebut.Pengalaman nampaknya bisa menjadi modal yang kuat sebagai penunjang karir yang akan Anda terjuni. Berbagai hal yang Anda lakukan dan tekuni semasa sekolah dapat menjadi poin penting yang menutup kekurangan jumlah IPK Anda.

Misalnya, kegemaran yang Anda tekuni semasa kuliah adalah berorganisasi dalam bidang menulis (jurnalistik) maka pengalaman tersebut tentu akan menjadi perhatian utama perusahaan yang menjadi jujugan Anda. Begitu juga dengan berbagai macam pengalaman berorganisasi lainnya, yang Anda tekuni semasa duduk di bangku kuliah.

Keberanian untuk tidak bermain aman melamar pekerjaan pada bidang-bidang yang sesuai dengan latar belakang studi pun dapat menjadi pilihan dalam melamar pekerjaan. Saat ini, tidak semua lulusan bekerja sesuai dengan latar belakang studi yang telah digelutinya semasa kuliah.

Banyak orang yang justru memilih untuk mengikuti berbagai tes yang memungkinkan dirinya diterima. Endita Oktamuria Human Resources Administrator PT. Astra Graphia Information Technology pun menyebutkan jika tinggi rendahnya IPK bukan tolak ukur utama lolosnya seorang kandidat. “Seringkali seseorang merasa minder dengan IPK-nya , padahal itu bukan pertimbangan utama kami. Ada faktor lain seperti kemampuan berkomunikasi, serta potensi lainnya,” ungkapnya.

Di sisi lain, banyak pula orang yang memutuskan untuk mengambil jalan untuk mengikuti passion yang dimilikinya meskipun hal tersebut tidak berhubungan dengan studinya. Pilihan ini tentunya beresiko, namun dengan ketekunan, perencanaan yang matang, serta percaya diri memungkinkan Anda untuk terjun ke dunia yang berbeda tersebut.

Cukup banyak kisah sukses yang berawal dari rendahnya angka IPK yang diikuti dengan keberanian keluar dari zona nyaaman yang telah dibangunnya selama sekolah. Jika Anda merasa tidak beruntung dalam mengukir prestasi melalui jumlah angka IPK, mungkin kini saatnya Anda meraih prestasi dengan mencoba peruntungan di luar zona nyaman Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: