Berkas Lamaran : Seleksi Awal Rekrutmen

Dalam seleksi rekrutmen seringkali perusahaan meminta kita membawa berkas lamaran.

Bagi yang sudah terbiasa ini bukan persoalan yang rumit namun bagi lulusan muda yang belum banyak memiliki pengalaman seringkali merasa kebingungan untuk menentukan berkas apa saja yang harus dibawa. Penting untuk diingat bahwa berkas administrasi yang Anda bawa akan merepresentasikan diri dan kompetensi Anda sebagai jobseeker. Berikut merupakan berkas administrasi standar yang bisa Anda bawa saat seleksi rekrutmen :

– Surat lamaran pekerjaan
Umumnya, surat lamaran pekerjaan dibuat dengan cara diketik supaya lebih rapi. Namun beberapa perusahaan ada yang meminta agar surat ini ditulis tangan. Jika perusahaan meminta Anda untuk menulis sendiri surat lamaran pekerjaan Anda kemungkinan bahwa mungkin saja saat itu Anda sekaligus menjalani psikotes. Ini karena tim HR dapat membaca kepribadian pelamar melalui seni membaca karakter melalui goresan tulisan atau dikenal dengan istilah grafologi.

Sebaiknya, Anda membuat surat lamaran yang dapat ‘menjawab’ lowongan yang akan Anda isi. Jika lowongan dalam bahasa Inggris, maka tulislah surat lamaran tersebut dalam bahasa Inggris. Ada salahnya juga jika Anda mencantumkan kualifikasi yang Anda miliki sehingga Anda layak untuk mengisi posisi tersebut. Jangan lupa tutup dengan kalimat yang baik. Psikolog Ratna Sosetya menganjurkan kutipan berikut sebagai penutup surat lamaran yang baik : “Demikian surat lamaran ini, dengan harapan Bapak/Ibu berkenan mengabulkannya dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu”.

– Riwayat Pekerjaan atau Curriculum Vitae
Curriculum vitae biasanya berisi tentang riwayat pendidikan, pengalaman kerja, pengalaman organisasi dan pengalaman kepanitiaan apa saja yang pernah dijalani. Fungsi Curriculum Vitae adalah sebagai media yang dapat berbicara mengenai berbagai kemampuan serta fokus yang Anda kerjakan selama ini. Jangan sepelekan kepanitiaan kecil karena itu adalah sebuah bukti kemampuan Anda dalam berbagai hal, seperti negosiasi, bekerja dalam tim, dan adaptasi yang sangat ingin diketahui oleh perusahaan.

– Pas foto terakhir
Jika Anda seorang pencari kerja, maka pas foto adalah hal penting yang tabu untuk dilupakan. Umumnya untuk berkas seleksi Anda membutuhkan pas foto dengan ukuran 3×4 atau 4×6 cm. Karena perusahaan tak mungkin mengingat masing-masing pelamar yang jumlahnya bisa mencapai ribuan orang maka pas foto bisa digunakan untuk menarik perhatian rekruiter dari segi penampilan. Jadi, pastikan Anda memberikan pas foto terbaik dan terbaru.

– Fotokopi ijazah dan transkrip nilai legalisir
Legalisir dimaksudkan sebagai bukti bahwa ijazah dan transkrip yang Anda miliki adalah benar berasal dari institusi formal terdaftar.

– Fotokopi sertifikat dan piagam
Fotokopi sertifikat dan piagam yang disertakan dalam berkas lamaran hanya yang terkait dengan lowongan yang dilamar saja. Misalnya untuk lowongan Research and Development, maka yang disertakan : sertifikat dan piagam penelitian, karya ilmiah, olimpiade dan seterusnya. Tak perlu menambahkan piagam lomba lari dalam berkas lamaran tadi karena bisa jadi perusahaan akan menganggap Anda tidak fokus dan meragukan keahlian Anda. Beberapa sertifikat lain yang umum disertakan adalah sertifikat komputer atau bahasa asing.

– Esai
Ini cukup jarang diminta dalam seleksi awal. Namun jika ada perusahaan yang meminta tulisan berbentuk esai, maka kemungkinan besar penilaian bukanlah pada teknik menulisnya namun bagaiman Anda mampu menuangkan pemikiran dengan cara yang sistematis dan mudah dipahami.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: